Sunday 11 April 2021

Karakter Media Iklan Dan Sifat - Sifatnya

Pada kesempatan kali ini aku ingin membagikan sesuatu hal yang aku ketahui tentang penayangan iklan di media – media tertentu. Ternyata media sendiri terdiri dari beberapa jenis, dan setiap jenis memiliki karakter dan sifat yang berbeda – beda. jujur tulisan ini hanya bersifat pendapat pribadi jadi jangan terlalu dianggap serius.

Menurutku inti dari setiap iklan yang ditayangkan itu sama, Yaitu mampu membuat orang berhenti sejenak dan membuat orang tertarik dengan produk yang sedang diiklankan. Seperti yang aku bahas diawal bahwa setiap media memiliki karakter serta sifat yang berbeda – beda. dibawah ini adalah karakter dan sifat – sifat tersebut.

Media Satu Arah

Media yang menayangkan sesuatu dengan satu pihak saja. Dan biasanya memiliki jangkauan yang lebih luas. Contohnya adalah Iklan yang ada di Billboard, TV, dan juga Radio. Tentu saja orang yang melihat iklan pada media ini tidak dapat membalas ataupun berkomentar tentang iklan tersebut. Jadi iklan yang tayang pada media ini harus singkat dan juga jelas.

Khususnya iklan yang tayang pada Billboard yang biasa kita lihat dijalan – jalan. Tentu saja jalan – jalan tersebut adalah jalan yang sering dilewati oleh banyak orang dengan tujuan dan aktivitas yang berbeda – beda. jadi iklan yang ditayangkan pada Billboard haruslah jelas dan mudah dimengerti, Karena hanya dilihat dalam waktu yang singkat.

Media Dua Arah

Contoh dari media ini adalah FB Ads dan Instagram Ads. Orang – orang yang melihat iklan yang tayang pada FB Ads dan IG Ads bisa merespon dengan menuliskan komentar ataupun Likes pada iklan tersebut. Dan iklan yang tayang pada media ini juga muncul ketika kita sedang asik scrolling pada platform tersebut.

Terus terang, Aku sendiri sering menggunakan iklan di FB Ads dan IG Ads untuk kepentingan produk yang aku jual. Tentu saja kekuatan visual dan penulisan caption yang menarik menjadi faktor yang sangat penting. Orang – orang yang meilhat iklan pada media ini diharapkan untuk klik link yang sudah disediakan, Share, meninggalkan komentar, dan juga Likes.

Push Notifikasi

Media iklan yang satu ini biasanya banyak kita temui pada pemberitahuan yang ada di HP kita. Biasanya bersifat mengingatkan bahwa ada barang yang kita suka sedang didiskon atau penawaran – penawaran menarik lainnya.

Dan ketika diklik maka biasanya kita akan langsung diarahkan ke produk – produk tertentu. Selain penawaran yang muncul pada notifikasi HP, Ada juga penawaran – penawaran yang dikirimkan lewat email.

TV Comersial

Iklan pada TV Comersial ini menggabungkan elemen visual dan Audio menjadi satu kesatuan yang kuat serta mampu menarik perhatian orang – orang yang sedang melihatnya. Saking menariknya mampu membuat orang yang sedang melihatnya rela menghentikan sejenak aktivitasnya untuk memperhatikan iklan tersebut.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini, Karena memang hanya itu yang saya ketahui tentang Media – media yang biasa digunakan untuk beriklan. Apabila ada yang salah atau mungkin ada yang ingin ditambahkan bisa langsung tuliskan dikolom komentar. Selebihnya saya ucapkan terima kasih sudah bersedia membaca konten di blog yang sederhana ini.


No comments:

Post a Comment