Saturday 12 October 2019

Mengatasi Hati Yang Sedang Gelisah

Saat hati sedang tidak tenang rasanya sangat tidak nyaman. Dan disaat itulah aku menyadari bahwa memiliki hati yang tenang adalah salah satu dari sekian banyak nikmat yang Allah Ta’ala berikan. Walaupun saat itu kita sedang traveling ke tempat yang menyenangkan sekalipun akan tetap percuma apabila hati ini terasa tidak tenang.

Saya berpendapat demikian karena saya pernah merasakanya. Saat itu saya sedang berada di pulau pahawang yang merupakan tempat menarik. Karena saat itu hati tidak tenang maka saya tidak bisa menikmati keindahan alam yang terdapat di pulau pahawang. Tetapi apabila kita memiliki hati yang tenang maka dimana pun kita berada maka akan terasa menyenangkan.

Karimun Jawa
Hati Yang Gelisah Membuat Hidup Menjadi Tidak Nyaman

Tentu saja menjaga agar hati tetap terasa tenang sangatlah penting. Karena apabila tidak maka kegiatan yang menyenangkan seperti traveling sekali pun menjadi terasa percuma. Lalu bagaimana cara agar hati ini menjadi terasa tenang ?. Apakah membutuhkan uang yang banyak agar bisa memiliki hati yang tenang ?

Mengatasi Hati Yang Gelisah

Saat hati sedang gelisah cobalah kita meminta kepada sang pemilik hati agar hati ini terasa lebih tenang. Siapakah pemilik hati itu ? Dialah Allah Ta’ala yang maha membolak balikan hati manusia. Berdoalah dan mintalah agar hati terasa menjadi tenang. Kembali pada cerita diatas bahwa hati saya pernah terasa tidak tenang ketika sedang traveling ke suatu tempat.

Jujur saat itu saya memang belum menjalankan solat Magrib. Saat itu hati saya benar – benar terasa sangat gelisah hingga akhirnya saya memutuskan untuk segera menunaikan solat Magrib. Dan setelah selesai solat seketika itu pula hati saya menjadi lebih tenang dari sebelumnya. jadi menurut saya cara untuk mengatasi hati yang gelisah adalah berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala.

Perasaan Hati Yang Terasa Janggal

Terkadang kita akan merasa hati ini terasa ada yang mengganjal. Hal ini biasanya juga akan membuat hati menjadi terasa tidak tenang. Setelah hati tidak tenang munculah rasa risau, Tentu saja ini merupakan hal yang tidak menggenakan. Hal ini juga pernah saya rasakan dalam hidup saya, Dan ketika itu yang saya lakukan adalah Istiqfar.

Traveling
Hilangkan Hati Yang Resah

Perasaan hati yang mengganjal ini memang tidak akan mengenal waktu dan tempat. Saya pernah merasakan hal ini ketika saya sedang berlibur di pulau karimun jawa. Padahal suasana sedang tidak terjadi apa – apa, Bahkan bisa dibilang saat itu situasi dan kondisi sedang santai. Tetapi entah kenapa hati malah terasa mengganjal dan munculah perasaan resah.

Saat itu saya memutuskan untuk membaca istiqfar di dalam hati. Hal itu saya lakukan secara terus menerus sampai perasaan hati menjadi lega kembali. Dan Alhamdulillah ketika saya istigfar hati saya menjadi terasa lebih tenang dan lapang. Mungkin itu pengalaman yang bisa saya bagikan dalam artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment